Senin, 15 September 2014

KEUTAMAAN TANGGAL 1 SAMPAI 10 DZUL HIJJAH


Dari Ibn Abbas radhiallahu 'anhu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan selama 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah." Para sahabat bertanya: "Tidak pula jihad?" Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab: "Tidak pula jihad, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun." 
(HR. Abu Daud & dishahihkan Syaikh Al Albani)

Berdasarkan hadis tersebut, ulama' sepakat dianjurkannya berpuasa selama 8 hari pertama bulan Dzul hijjah. Dan lebih ditekankan lagi pada tanggal 9 Dzul Hijjah (Hari 'Arafah)
Diceritakan oleh Al Mundziri dalam At Targhib (2/150) bahwa Sa'id bin Jubair (Murid terbaik Ibn Abbas) ketika memasuki tanggal satu Dzul Hijjah, beliau sangat bersungguh-sungguh dalam beribadah sampai hampir tidak bisa mampu melakukannya.
Bagaimana dengan Puasa Hari Tarwiyah (8 Dzul Hijjah) Secara Khusus? Terdapat hadis yang menyatakan: "Orang yang berpuasa pada hari tarwiyah maka baginya pahala puasa satu tahun." Namun hadis ini hadits palsu sebagaimana ditegaskan oleh Ibnul Zauzy (Al Maudhu'at 2/198), As Suyuthi (Al Masnu' 2/107), As Syaukani (Al Fawaidul Majmu'ah).

Oleh karena itu, tidak perlu berniat khusus untuk berpuasa pada tanggal 8 Dzul Hijjah karena hadisnya dhaif. Namun jika berpuasa karena mengamalkan keumuman hadis shahih di atas maka diperbolehkan. (disarikan dari Fatwa Yas-aluunaka, Syaikh Hissamuddin 'Affaanah). Wallaahu a'lam.


Tauhid
Mendapatkan Pahala Haji dan Umroh
Piqih Qurban
Skema Ibadah Haji dan Umroh



1 komentar:

Tambahkan komentar anda dengan santun