Rabu, 27 Agustus 2014

TAUHID

 لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُl



بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ



Seruan/dakwah seluruh para nabi dan rasul yang pertama kali adalah At-Tauhid.At-Tauhid yang menjadi azas didalam Agama Islam yang membedakan,memisahkan mana yang  mukmin dan mana yang kafir,yang membedakan mana mukmin yang wahid yang bertauhid mukmin yang sempurna tauhidnya dengan mukmin yang telah dicampuri dengan kesyirikan.

Ketahuilah bahwa syirik ada 2 dalam islam : 


     1.Syirik besar 

         Yang dapat mengeluarkan seseorang dari Islam.Misalnya seseorang mendatangi kuburan tertentu sebagaimana dinegeri kita begitu banyak kuburan yang didatangi pada waktu-waktu tertentu, kaum muslimin sebagiannya meminta kepada mereka.Penghuni kubur itu mereka jadikan sebagai perantara untuk memohon kepada Allah,bahkan adakalanya mereka langsung meminta kepada orang-orang yang telah mati itu.Kepada syeh Abdul Qodir Jaelani,bahkan mereka menyeru ya..syeikh Abdul Qodir Jaelani tolonglah saya,ya..syeikh pulan tolonglah saya,Ini semua adalah SYIRIK BESAR yang dapat mengeluarkan pelakunya dari Islam kalau sekiranya sudah tau hukumnya dan paham.


      2.Syirik Kecil

           
          Yang tidak mengeluarkan seseorang dari Islam tetapi dia telah melakukan dosa yang sangat besar.Saya ambil contoh yang sering dilakukan oleh kaum muslimin mereka memakai jimat,Jika mereka meyakini jimat itu yang mendatangkan manfaat dan menolak mudarat maka mereka telah kufur (menyekutukan Allah).karna dengan sendirinya dia telah menandingi Allah swt dengan jimat nya itu.
Orang pake Jimat macam-macam ada cincin,kalung, ada keris yang yang digantung setiap malam jum'at dicuci dan seterusnya.
Tetapi jika mereka jadikan jimat ini sebagai perantara sebab saja maka mereka telah jatuh pada syirik kecil,perbedaannya tipis sekali dan bagi umum nya kaum muslimin orang-orang awam tidak bisa membedakannya oleh karna itu banyak sekali diantara kita yang terjerumus kedalam syirik besar.
contoh syirik besar mereka menyediakan sesaji/sesajen untuk para jin dan syetan meminta-minta kepada jin dan lain sebagainya yang tersebar luas di negeri kita ini. oleh karna itu mari kembali kepada Tauhid

Allah swt telah memerintahkan kepada seluruh nabi dan rasul untuk mengajak manusia, Firman-Nya :


                  وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ

"Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu",(An-Nahl:36)

Maka awal pertamakali dakwah seluruh Rasul adalah kalimat
                                                                               لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ 
"Tidak ada satupun Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah". 

Karena sebagian manusia telah menjadikan sebagian atau yang mereka buat dengan tangan-tangan mereka sebagai ilah (ilah adalah sesuatu yang disembah) tuhan-tuhan selain Allah,dan sebagian manusia lagi telah mengangkat manusia lain sebagai Tuhan-Tuhan selain Allah.



                                           وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ


"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku".

(Adz-Dzaariyaat:56)

Untuk beribadahlah,untuk Tauhid lah Allah menciptakan manusia,ibadah yang dimaksud adalah agar mereka men Tauhid kan-Ku mengEsakan Ku dalam beribadah kepada-Ku.

Tauhid dalam Islam ada 3 macam :


  • Tauhid Rububiyah    
MengEsakan Allah didalam penciptaan,didalam kekuasaan ,didalam pengaturan di alam semesta ini bahwa yang menciptakan alam semesta adalah Allah,Tauhid ini ada pada setiap manusia dan seseorang tidak dianggap mukmin belum masuk islam kalau dia hanya meyakini tauhid Rububiyah,karna Tauhid ini pun ada pada kaum musyrikin pada orang-orang kafirin pada zaman nabi yang mulia Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam ketika beliau berdakwah ketika turunnya ayat-ayat Al-Qur'an,berulang-ulang Allah mengatakan mereka adalah orang-orang kafirin mereka orang-orang musyrikin.Padahal mereka mengakui,meyakini bahwa yang menciptakan langit dan bumi Allah yang mengatur alam semesta Allah,yang menciptakan mereka, yang memberikan rizki dari langit  dan bumi dan yang menghidupkan dan mematikan Allah.   

 Allah swt berfirman dalam kitab-Nya menceritakan keyakinan mereka kaum musyrikin dan kafirin yang ada pada zaman nabi dan seterusnya sampai hari ini dan seterusnya sampai hari kiamat.                                                                  

                                                                                                                                                                                                                   وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ مَنْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ


                                                    وَالْقَمَرَ لَيَقُولُنَّ اللَّهُ فَأَنَّى  يُؤْفَكُونَ   

     
                                         

"Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menjadikan langit dan bumi dan menundukkan matahari dan bulan?" Tentu mereka akan menjawab: "Allah", maka betapakah mereka (dapat) dipalingkan (dari jalan yang benar)".(QS. Al-Ankabut, 29: 61). 
                                                                                                                                                                          وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ مَنْ نَزَّلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَحْيَا بِهِ الأرْضَ مِنْ


                        بَعْدِ مَوْتِهَا لَيَقُولُنَّ  اللَّهُ قُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ بَلْ أَكْثَرُهُمْ لا يَعْقِلُونَ         
"Dan sesungguhnya jika kamu menanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menurunkan air dari langit lalu menghidupkan dengan air itu bumi sesudah matinya?" Tentu mereka akan menjawab:"Allah".Katakanlah:
"Segala puji bagi Allah", tetapi kebanyakan mereka tidak memahami (nya)." (QS. Al-Ankabut, 29: 63)

  • Tauhid Uluhiyah

Mengesakan Allah dalam peribadatan hamba kepadaNya. Artinya Allah Maha Esa dalam penyembahan,maka tidak ada dzat lain yang berhak untuk disembah disamping penyembahan terhadap Allah

                                                    وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَسُولٍ إِلا نُوحِي إِلَيْهِ أَنَّهُ لا إِلَهَ إِلا أَنَافَاعْبُدُونِ

"Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum kamu, melainkan Kami wahyukan kepadanya: "Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku".(Al-Anbyaa 21:25)


                                             وَمَا أُمِرُوا إِلا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلاةَ

           
                                                                                                           
                                                             وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَة

Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.(Al-Bayyinah 98:5)    




  • Tauhid al-Asmaa wa as-Sifaat 

Mengesakan Allah dalam nama-nama dan sifat-sifatnya. Artinya tidak ada dzat lain yang menyamai sifat-sifat Allah yang maha sempurna.



Dengan ketigaTauhid ini lah yang akan menyelamatkan seseorang dari kekalan di dalam api neraka jahanam,kalau dia ditakdirkan masuk neraka kalau dia bertauhid maka dia tidak kekal didalam neraka.
Orang-orang yang tidak ber Tauhid yang melakukan kesyrikan,syirik-syirik besar yang mengeluarkan dia dari Islam maka mereka kekal di dalam api neraka jahanam.
Mudah-mudah Tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

Sumber : Abdul Hakim bin Amir Abdat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tambahkan komentar anda dengan santun