Sifat Dzikir Nabi

Sifat Dzikir Nabi  صلى الله عليه وسلم 


Hadits-hadits shahih mengenai dzikir sesudah shalat fardhu dan beberapa keterangan dari sebagian faedah hadits tersebut.
  • Dzikir adalah salah satu ibadat di dalam Islam,karna itu harus datang keterangan nya dari Al-Qur'an atau Sunnah yang shahih.Apabila tidak ada dalil walaupun dari siapa saja datangnya bukanlah dinamakan ibadat,tapi itu disebut Bid'ah yang sangat dibenci Allah dan Rasul-Nya.

عن أم المؤمنين أم عبدالله عائشة رضي الله عنها قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم " من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد " رواه البخاري ومسلم , وفي رواية لمسلم " من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد
Dari Ummul mukminin, Ummu 'Abdillah, ‘Aisyah radhiallahu 'anha, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang mengada-adakan sesuatu dalam urusan agama kami ini yang bukan dari kami, maka dia tertolak". (Bukhari dan Muslim. Dalam riwayat Muslim : “Barangsiapa melakukan suatu amal yang tidak sesuai urusan kami, maka dia tertolak”)
  • Bacaan dzikir sesudah shalat fardhu itu ada yang merupakan istighfar,tasbih,tahmid,takbir,tahlil dan bacan surat atau ayat Al-Qur'an.Ketentuan dzikir wajib kita kerjakan sebagaimana yang ditentukan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.Tidak boleh kita tambah atau kita kurangi bilangannya atau dikerjakan di luar waktunya atau bukan pada tempatnya atau dengan sifat-sifat tertentu yang kita buat sendiri yang tidak ada contoh dari Nabi yang mulia shallallu 'alaihi wa sallam.Ketahuilah sebanyak-banyaknya dzikir yang tertentu bilangannya yang datang dari sunnah yang shahih adalah tidak lebih dari seratus kali.
  • Dzikir sesudah shalat wajib itu ialah macam dzikir yang terikat dengan bilangan dan waktunya.Oleh karna itu wajiblah kita mengikuti apa-apa yang telah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ajarkan kepada kita melalui hadits-hadits nya yang shahih.
  • Hadits-hadits yang datang mengenai dzikir sesudah shalat wajib itu,derajatnya ada yang shahih,hasan dan dho'if.Yang saya tulis disini hanya hadits-hadits yang telah sah datangnya dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.Sebagaimana telah dijelaskan oleh para Imam ahli hadits dan sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu hadits.

1.      عن ثوبان قالَ: كانَ رسولُ اللهِ صلى اللهُ عليه وسلم إذَا انْصرفَ مِن صَلاتِه قالَ: أَسْتَغْفِرُاللَهَ – ثلاثًا ثمَّ قالَ: اللّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَا ذَالْجَلَالِ وَالْإكْرَامِ (صحيحٌ، أَخرَجَه مسلم وأحمد وأبو داود والنسائي وابن خزيمة والدارمى وابن ماجه)
Dari Tsauban berkata: Rosululloh ketika selesai dari sholatnya membaca: “Astaghfirulloh” (Aku memohon ampun pada Alloh) tiga kali kemudian membaca: “Allohumma antas salaam waminkas salaam tabaarokta yaa dzaljalaali wal ikrom” (Ya Allah Engkau Maha Sejahtera, dari-Mu kesejahteraan, Maha Berkah Engkau wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan )
(Shohih; dikeluarkan oleh imam Muslim, Ahmad, Abu Dawud, An-Nasa’i, Ibnu Khuzaimah, Ad Daarimi dan Ibnu Majah.

Keterangan:
Secara lahir nampak bahwa inilah bacaan yang langsung Rosululloh baca selepas sholat, karenanya bacaan inilah yang pertama diucapkan seorang mukmin setelah salam ketika sholat wajib dan bukan bacaan yang lainnya semisal tahmid (Alhamdulillah), al-fatihah dan sebagainya. Yaitu:
Mengucap Astaghfirulloh (أَسْتَغْفِرُاللَهَ )sebanyak 3 kali kemudian,
Mengucap Allohumma antas salaam waminkas salaam tabaarokta yaa dzaljalaali wal ikrom
(اللّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَا ذَالْجَلَالِ وَالْإكْرَامِsebanyak 1 kali.

2.      كانَ ابنُ الزُبَير يقُول فِي دُبُر كلِّ صلاةٍ: لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ لاَإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَلاَ نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ لَهُ النِّعْمَةُوَلَ هُ الْفَضلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ. قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يهلّل بهنّ دبر كلّ صلاة. (صحيح، أخرجه مسلم وأحمد وأبو داود والنسائي وابن خزيمه)
Ibnu Zubair diakhir setiap sholat (wajib) membaca: “Laa ilaaha illallohu wahdahu laa syariika lahu lahulmulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai’in qodiir, laa haula walaa quwwata illaa billah laa ilaaha illallohu walaa na’budu illa iyyahu, lahun ni’matu walahul fadlu walahuts tsanaa’ulhasan, laa ilaaha illallohu mukhlishiina lahud diin walau karihal kaafiruun” (Tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya seluruh kerajaan dan milik-Nya segala pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah. Tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Allah dan kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya, milik-Nya segala nikmat, milik-Nya segala keutamaan dan milik-Nya segala sanjungan yang baik. Tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Allah dengan mengikhlaskan agama (ketundukan) untuk-Nya walaupun orang-orang kafir benci) Ibnu Zubair berkata: “Rosululloh senantiasa bertahlil dengan bacaan ini diakhir setiap sholat (wajib).
(Shohih; dikeluarkan oleh imam Muslim, Ahmad, Abu Dawud, An-Nasa’i, Ibnu Khuzaimah)
Keterangan:
Dari hadits diatas dapat disimpulkan salah satu bentuk dzikir tahlil yaitu:
Mengucap Laa ilaaha illallohu wahdahu laa syariika lahu lahulmulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai’in qodiir, laa haula walaa quwwata illaa billah laa ilaaha illallohu walaa na’budu illa iyyahu, lahun ni’matu walahul fadlu walahuts tsanaa’ulhasan, laa ilaaha illallohu mukhlishiina lahud diin walau karihal kaafiruun
)لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ لاَإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَلاَ نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ لَهُ النِّعْمَةُ وَلَ هُ الْفَضلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْن(
sebanyak 1 kali.

3.      عن وراد كاتب المغيرة بن شعبة قال: أملى عليّ المغيرة بن شعبة في كتاب إلى معاوية: أنّ النبيّ الله صلى الله عليه وسلم كان يقول في دبر كلّ صلاة مكتوبة: لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ، اللَّهُمَّ لاَمَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ تَنْفَعُ ذَالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ. (صحيح، أخرجه البخاري و مسلم وأحمد والنسائي وابن خزيمة)
Dari Warrod, juru tulis Al-Mughiroh bin Syu’bah, ia berkata: Al-Mughiroh bin Syu’bah mendiktekan kepadaku sebuah surat untuk Mu’awiyah: bahwasannya Rosululloh dibelakang setiap sholat wajib biasa membaca: “Laa ilaaha illallohu wahdahu laa syariika lahu lahulmulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai’in qodiir, Allohumma laa maani’a lima a’thoita walaa mu’thiya lima mana’ta wala yanfa’u dzaljaddi minkaljaddu”
(shohih; dikeluarkan oleh imam Al-Bukhori, Muslim, Ahmad, An-Nasa’i, Ibnu Khuzaimah)
Keterangan:
Dari hadits diatas dapat disimpulkan salah satu bentuk dzikir tahlil yaitu:

لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ، اللَّهُمَّ لاَمَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ يَنْفَعُ ذَالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ
Sifat dzikir ini juga termasuk bentuk tahlil yang diajarkan Rosululloh. Secara lahir urutan bacaan dzikirnya adalah bahwa kedua bentuk dzikir tahlil diatas (no 2&3) dibaca setelah bentuk dzikir pertama.

4.      عن أبِي هريرةَ قالَ: قالَ رسولُ اللهِ صلّى اللهُ عليه وسلّمَ: مَن سَبّحَ اللهَ فِي دُبرِ كلِّ صلاةٍ ثلاثًا وثلاثينَ، وحَمِدَ اللهَ ثلاثًا وثلاثين، وكبَّرَالله ثلاثًا ثلاثين، فتِلْكَ تِسعَةٌ وتسعُون، ثُمَّ قالَ تمَامَ المِائَة: [لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ] غُفِرَت لَهُ خَطايَاه وإنْ كَانتْ مِثلَ زَبدِ البحرِ. (صحيح، أخرجه مسلم وأحمد وابن خزيمة والبيهقي)
Dari Abu Huroiroh, ia berkata: Rosululloh bersabda: “Siapa saja yang mensucikan Alloh (bertasbih) di belakang setiap sholat (wajib) sebanyak tiga puluh tiga kali, dan memuji Alloh (bertahmid) tiga puluh tiga kali, dan mengagungkan Alloh (bertakbir) tiga puluh tiga kali, maka yang demikian (telah terkumpul) sembilan puluh sembilan, lalu mengucapkan yang keseratus untuk menyempurnakan “Laa ilaaha illallohu wahdahu laa syariika lahu lahulmulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai’in qodiir”, niscaya diampuni kesalahan-kesalahannya meskipun sebanyak buih di laut.”
 (Shohih; dikeluarkan oleh imam Muslim, Ahmad, Ibnu Khuzaimah, Al-Baihaqi)

5.      عن كَعْب ابنِ عُجْزَة قالَ: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مُعَقِّباتٌ لا يَخِيب قَائلُهُنَّ أَو فَاعِلُهُنّ، دُبرَ كُلِّ صلاةٍ مكتوبةٍ، ثلاثٌ وثلاثون تَسْبيحَةً، و ثلاث وثلاثون تَحْمِيدَةً, و ثلاث وثلاثون تكبيرةً. (صحيح، أخرجه مسلم والنسائي والترمذى والطيالسي والبيهقي)
Dari bin ‘Ujzah berkata: Rosululloh bersabda: “Beberapa kalimat yang diucapkan setelah sholat wajib, tidak akan merugi orang yang mengucapkannya atau mengamalkannya, yaitu (mengucapkan) tiga puluh tiga kali tasbih, tiga puluh tiga kali tahmid dan tiga puluh tiga kali takbir.”
(Shohih; dikeluarkan oleh imam Muslim, An-Nasa’I, At-Tirmidzi, At-Thoyalisi, Al-Baihaqi)

6.      عن زَيْد ابنِ ثَابِت قال: أُمِرُوا أنْ يُسَبّحوا دُبُرَ كلّ صلاةٍ ثلاثا وثلاثين، ويحمدوا ثلاثا وثلاثين، ويكبّروا أربعاً وثلاثين . فأُتِيَ رجلٌ من الأنصار في منَامِهِ، فَقِيْلَ له: أمَركُمْ رسولُ الله صلى الله عليه وسلم أن تسبّحوا دبر كلّ صلاة ثلاثا وثلاثين، ويحمدوا ثلاثا وثلاثين، ويكبّروا ثلاث وثلاثين؟ قال نَعَمْ! قال: فاجْعَلُوهَا خمسًا وعشرين، واجعلوها التَّهْلِيلَ. فلَمَّا أَصْبَحَ أتى النبي صلى الله عليه وسلّم فذَكَرَ ذلك له. فقال: اجْعَلُوها كذلك. (صحيح، أخرجه وأحمد والنسائي وابن خزيمة والحاكم والدارمي وابن حبان)
Dari Zaib bin Tsabit berkata: “Mereka (para sahabat) diperintahkan untuk bertasbih setelah tiap-tiap sholat (fardlu) sebanyak tiga puluh tiga kali, dan bertahmid tiga puluh tiga kali dan bertakbir tiga puluh empat kali. Kemudian seorang laki-laki dari kaum Anshor mendapat mimpi yang dikatakan padanya (dalam mimpi tersebut): “Apakah Rosululloh menyuruh kalian untuk bertasbih setelah tiap-tiap sholat (fardlu) sebanyak tiga puluh tiga kali, dan bertahmid tiga puluh tiga kali dan bertakbir tiga puluh empat kali?” laki-laki itu menjawab “Benar” berkata ia: “ Maka jadikanlah dzikir tersebut (masing-masing) berjumlah dua puluh lima dan (tambahkan) juga tahlil (dua puluh lima juga)” lalu ketika pagi tiba laki-laki itu mendatangi Nabi dan menceritakan mimpinya, lalu Nabi bersabda: “Jadikanlah seperti itu (sesuai mimi itu).”
(Shohih; dikeluarkan oleh imam Ahmad, An-Nasa’I, Ibnu Khuzaimah, Al-Hakim, Ad-Darimi, Ibnu Hibban)
Keterangan:
Dari hadits diatas dapat disimpulkan bentuk dzkir sebagai berikut:
Mengucap Subahanalloh (سُبْحَانَ اللّهُ) sebanyak 25 kali, kemudian
Mengucap Alhamdulillah (الْحَمْدُ لِلّهُ) sebanyak 25 kali, kemudian
Mengucap Allohu akbar ( اللّهُ أكْبَرُ) sebanyak 25 kali, kemudian
Mengucap Laa ilaaha illalloh (لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ) sebanyak 25 kali, sehingga genaplah menjadi seratus.
Adapun menurut Ibnul Qoyyim dalam kitabnya Zaadul Ma’ad kalimat tahlil yang dimaksud adalah

 )لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ(

7.      عن أبي هريرة قال: جاء الفقراءُ إلى النبي صلى الله عليه وسلّم فقالوا: ذَهَبَ اَهلُ الدُّثُورِ منَ الأَموَالِ بِالدَّرجاتِ العُلَا والنَّعِيمِ المُقِيمِ، يُصلّون كما نُصلِّى ويَصُومون كما نَصُوم ولهم فضْلُ أموالٍ يَحُجُّون بِها ويَعتَمِرُون ويُجَاهدون ويَتَصَدَّقُون. قال: أَلَا أُحَدِثُّكُم بما إن أخذْتُم أدْرَكْتُم مَن سبقكم ولم يدرِكْكُم احدٌ بعدَكُم وكنتم خيرَ مَن أنْتُم بَيْنَ ظهرَانَيْه إلاّ من عمل مثله: تسبّحون وتحمدون وتكبّرون خلْفَ كُلِّ صلاةٍ ثلاثا وثلاثين. (صحيح، أخرجه البخاري و مسلم وابن خزيمة)
Dari Abu Huroiroh berkata: Orang-orang fakir mendatangi Nabi lau berkata: “Orang-orang kaya telah memperoleh derajat yang tinggi dan kenikmatan yang tetap, mereka sholat sebagaimana kami sholat dan berpuasa sebagaimana kami berpuasa namun mereka punya harta lebih yang dengan harta itu mereka melaksanakan haji, umroh, jihad dan shodaqoh.” Nabi bersabda: “Maukah aku ajari sesuatu yang jika kalian mengambilnya/melakukannya kalian akan dapat menyusul orang yang mendahului kalian dan tiada seorangpun yang akan menyusul kalian kecuali orang yang mengamalkan seperti yang (akan) kalian amalkan. Kalian bertasbih dan bertahmid dan bertakbir disetiap selesai sholat wajib sebanyak tiga pulu tiga kali.”
(shohih; dikeluarkan oleh imam Al-Bukhori, Muslim, Ibnu Khuzaimah)
Keterangan:
Dari hadits diatas dapat disimpulkan bentuk dzkir sebagai berikut:
Mengucap Subahanalloh (سُبْحَانَ اللّهُ) sebanyak 33 kali, kemudian
Mengucap Alhamdulillah (الْحَمْدُ لِلّهُ) sebanyak 33 kali, kemudian
Mengucap Allohu akbar ( اللّهُ أكْبَرُ) sebanyak 33 kali.

8.      عن عبد الله بن عمرو قال: قال رسول الله صلّى الله وسلّم: خَصْلَتَان لا يُحَافظ عليهما عبدٌ مسلمٌ إلاّ دخل الجنّة. (ألا) وهما يسيرٌ، ومَن يَعملُ بهما قليلٌ، يُسبِّحُ اللهَ في دبرِ كلّ صلاة (مكتُوْبَةٍ) عشرًا ويحمده عشرا يكبّره عشرا فذلك خمسون ومائةٌ في اللسان وألفٌ وخمسِمائةٍ في الميزانِ، ويكبِّرُ أربعًا وثلاثين إذا أخذ مضجعه ويحمد ثلاثا وثلاثين ويسبح ثلاثا وثلاثين فذلك مائةٌ باللسان وألفٌ في الميزان. فأيُّكم يعمل في اليوم والليلة ألفين وخمسمائة سيّئةٍ؟ قالوا: يا رسول الله، كيف هما يسيرٌ ومن يعمل بهما قليلٌ؟ قال: يأتي احدكم الشيطانُ اذا فرغ من صلاتهِ فيُذكّرُه حاجةً كذا وكذا فيقومُ ولا يقولها، فاذا اضطجع يأتيه الشيطانُ فينوِّمهُ قبل أن يقولها. قال عبد الله (رأيتُ رسولَ الله صلّى الله عليه وسلّم يقعدُ التسبيحَ بيمينه). (صحيح، أخرجه أبو داود وأحمد والنسائي والترمذى وابن ماجه وابن حبان)
Dari ‘Abdulloh bin ‘Amr beliau berkata: Bersabda Rosululloh: “Dua macam (amalan) yang tidaklah seorang hamba memelihara keduanya melainkan dia akan masuk surga. Ketahuilah! Keduanya itu mudah (untuk diamalkan), namun sedikit orangyang mengamalkannya, yaitu mensucikan Alloh (bertasbih) dibelakan sholat wajib sepuluh kali (10x), dan memuji-Nya (bertahmid) sepuluh kali (10x), dan mengagungkan-Nya (bertakbir) sepuluh kali (10x), maka yang demikian itu menjadi seratus lima puluh (150) pada ucapan dan seribu lima ratus (1500) pada timbangan. Dan (yang kedua) bertakbir tiga puluh empat kali (34x) ketika akan tidur, dan bertahmid tiga puluh tiga kali (33x), dan bertasbih tiga puluh tiga kali (33x), maka yang demikian itu menjadi seratus (100) dalam ucapan dan seribu (1000) dalam timbangan. Maka siapakah diantaramu yang bisa mengerjakan dua ribu lima ratus (2500) kesalahan dalam sehari semalam?” para sahabat bertanya: “Ya Rosululloh, mengapa dua hal itu mudah diamalkan namun sedikit yang mengamalkan?” Rosululloh menjawab: “Karena syaitan mendatangi salah seorang diantaramu apabila ia selesai dari sholatnya (yang wajib/fardlu), lalu syaitan mengingatkannya akan keperluan ini dan itu, lalu orang itu pun bangun dan tidak mengucapkannya. Kemudian syaitan mendatanginya apabila ia hendak tidur, lalu syaitan menidurkannya sebelur ia mengucapkannya.” Berkata ‘Abdulloh bin ‘Amr: “Aku melihat Rosululloh menghitung bacaan tasbih dengan tangan kanannya.”
(Shohih; dikeluarkan oleh Abu Daud, Ahmad, An-Nasai, At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)
Keterangan:
Sabda Rosululloh: “…maka yang demikian itu menjadi seratus lima puluh (150) pada ucapan dan seribu lima ratus (1500) pada timbangan…” maksudnya adalah 10 tasbih ditambah 10 tahmid ditambah 10 takbir sehingga menjadi 30 ucapan dzikir pada setiap sholat fardlu. Maka dalam lima kali sholat fardlu dalam sehari semalam terkumpul 150 ucapan dzikir, yang dalam timbangan dihitung 1500 kebaikan.
Hadits diatas menjelaskan amalan agung yang bila diamalkan secara istiqomah oleh seorang mukmin maka ia akan masuk surga, sebagaimana sabda Nabi: “…tidaklah seorang hamba memelihara keduanya melainkan dia akan masuk surga…”
Dari hadits diatas juga, sebagaimana perkataan ‘Abdulloh bin ‘Amr: “Aku melihat Rosululloh menghitung bacaan tasbih dengan tangan kanannya.”dapat disimpulkan bahwa menghitung tasbih (dzikir) yang sunnah adalah menggunakan tangan kanan, bukan dengan tangan kiri apalagi dengan batu-batuan, biji tasbih dan sebagainya, inilah yang utama. namun saya lebih sepakat pada pendapat tentang bolehnya menghitung wirid tangan kanan ataupun kiri dan dengan tasbih selama menjaga adab dan bukan bermaksud pamer.
9.      عن أبي أُمامة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: منْ قرأَ آيةَ الكُرسيِّ في دُبُر كلِّ صلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِن دُخُول الجَنَّةِ إلى أنْ يَموت. (صحيح، أخرجه النسائي وابن السني وابن حبان)
Dari Abi Umamah berkata: Rosululloh bersabda “ Siapa saja yang membaca ayat kursi disetiap selesai sholat wajib niscaya tidak ada yang menghalanginya untuk masuk surge sampai ia meninggal.”
(Shohih; dikeluarkan oleh imam An-Nasa’I, Ibnu Sunni, Ibnu Hibban)
Keterangan:
Bentuk dzikir yang diajarkan di hadits ini adalah membaca ayat Al-Qur’an, yaitu membaca surat Al-Baqoroh ayat 255 atau ayat kursiy:

اللهُ لاَ اِلَهَ إِلاَّ هُوَالحَيُّ الْقَيُّوْمُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَوَتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ اِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاء وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموتِ وَالأَرْضِ وَلاَ يَئُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ


10.  عن عقبة بن عامر قال: أمرنِي رسول اللهِ صلى اللهُ عليه وسلّم أنْ أقرأَ بِالمُعَوِّذَاتِ في دُبُرِ كُلِّ صلاةٍ (صحيح، أخرجه وأحمد والنسائي وابن خزيمة والحاكم وابن حبان وابن حبان)
Dari ‘Uqbah bin ‘Amir berkata: “Rosululloh menyuruhku untuk membaca almu’awwidzaat disetiap selesai sholat.”
 (Shohih; dikeluarkan oleh imam Ahmad, An-Nasa’I, Ibnu Khuzaimah, Al-Hakim, Ibnu Hibban, Ibnu Hibban)
Keterangan:
Almu’awwidzaat adalah surat-surat yang berisi permohonan perlindungan pada Alloh, yang dimaksud adalah surat Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Nas.
Surat tersebut dibaca masing-masing satu kali selepas sholat wajib.
            Demikianlah beberapa hadits shohih tentang dzikir setelah sholat wajib yang kami kumpulkan dari bebrapa sumber.
    
1     Oleh karena dzikir setelah sholat fardlu merupakan ibadah agung yang telah ada keterangannya dari Rosululloh, maka setiap muslim wajib berdzikir dengan apa yang telah Rosululloh ajarkan. Barangsiapa yang tidak mengamalkan sesuai ajaran Rosululloh maka amalan tersebut lebih condong kepada kesalahan bahkan dikuatirkan termasuk bid’ah yang tercela.
2.       Terdapat sepuluh sifat dzikir yang mana setiap dzikir memiliki fadhilah (keutamannya) masing-masing, sebagaimana dhohir hadits diatas. Maka setiap muslim boleh memilih salah satu cara dzikir yang diinginkannya.
3         Diantara hikmah dari beragamnya sifat dzikir adalah agar seorang muslim bisa memilih cara dzikir yang paling disenanginya baik karena kutamaannya maupun karena keadaan. Semisal orang yang sibuk ingin dzikir yang singkat sedang orang yang senggang ingin dzikir yang panjang. Dan juga agar seorang muslim tidak bosan dengan satu bentuk dzikir saja, sehingga bisa melakukan beberapa variasi bentuk dzikir.
4.     Syaikh Bin Baz menjelaskan bahwa setiap do’a memiliki keutamaan,sehingga bila menggabungkan beberapa do’a sekaligus insyaalloh terkumpul beberapa keutamaan sekaligus selama tidak menyelisihi kaidah-kaidah agama. Adapun cara mengurutkan gabungan dzikir-dzikir diatas berdasarkan penjelasan asatidz adalah:
a.      membaca sifat dzikir kesatu (hadits pertama),
b.      kemudian Membaca sifat dzikir kedua (hadits kedua),
c.       kemudian dilanjutkan sifat dzikir tasbih, tahmid dan takbir.
d.      kemudian membaca ayat kursi dan tiga surat Al-Mu’awwidzaat
5.        Syaikh  Abdul Aziz Bin Baz (Ketua Lembaga Kajian dan Fatwa Kerajaan Saudi) dalam buku Shifat Sholat Nabi menuliskan bentuk dzikir lengkap sebagai berikut:
أَسْتَغْفِرُالله 3x
اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَم وَمِنْكَ السّلاَم تَبَارَكْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ
لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ
لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ لاَإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَلاَ نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ لَهُ النِّعْمَةُ وَلَ هُ الْفَضلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ
لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ، اللَّهُمَّ لاَمَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ يَنْفَعُ ذَالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ
سُبْحَانَ اللهِ…..           33x
الْحَمْدُ لِلَّهِ…..            33x
اللهُ أَكْبَر…..             33x 
لاَإِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ
اللهُ لاَ اِلَهَ إِلاَّ هُوَالحَيُّ الْقَيُّوْمُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَوَتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ اِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاء وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموتِ وَالأَرْضِ وَلاَ يَئُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ
سُوْرَةُ الإِخْلَاصِ
سُوْرَةُ الْفَلَقِ
سُوْرَةُ النَّاسِ  

        BEBERAPA AMALAN SETELAH SHOLAT YANG TIDAK ADA TUNTUNANNYA DARI NABI SHALLALLAHU 'ALAIHI WA SALLAM

1.    Mengusap wajah setelah salam.
2.    Saling bersalaman setelah salam, sesama makmum maupun dengan imam.
3.    Menghitung dzikir menggunakan alat, semisal batuan, biji tasbih dan semacamnya.
4.   Berdzikir dengan bacaan yang tidak ada sumbernya dari Rosululloh, semisal bertahmid          setelah salam atau membaca alfatihah dan sebagainya.
5.  Berdzikir dengan suara keras, bersama-sama dan dipimpin satu komando/imam. Dalam    masalah ini silahkan membaca buku-buku yang mengulasnya, diantaranya:
a. “Apa kata IMAM SYAFI’I tentang DZIKIR BERJAMA’AH setelah shalat wajib dengan SUARA KERAS?, Penulis Ibnu Saini Bin Muhammad Bin Musa, Penerbit Mu’awiyah Bin Abi Sufyan jakarta.
b. “Sorotan Tajam terhadap Dzikir Jama’i, Koreksi Buku “Dzikir Berjama’ah : Sunnah atau Bid’ah?” Karya KH Ahmad Dimyathi Badruzzaman, MA, Penulis Al-Ustadz Muhammad Arifin Baderi, Diterbitkan oleh Yayasan Al-Sofwa dalam bentuk e-book.
6.      Setelah dzikir jama’ah berdiri untuk saling bersalaman sambil melantunkan sholawat.
7.      Mencium tanah tempat sujud atau bersujud sebelum meninggalkan tempat.
8.      Menggoyangkan badan sembari berdzikir.

Dalam hal ini silahkan pembaca merujuk pada keterangan para ulama dan asatidz yang menguasai ilmu. Cukuplah bagi kita mencontoh teladan utama kita yaitu Nabi yang Mulia Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.
Demikian risalah singkat ini kami buat berdasarkan kemampuan dan pengetahuan kami, bila benar maka itu karena hidayah dan kemurahan Alloh dan bila salah maka itu karena kebodohan kami dan kami memohon ampunan kepada Alloh ta’ala. Kami berdo’a semoga tulisan ini semata-mata hanyalah untuk mencari ridlo-Nya. Wallohu a’lamu bish showab.

Sumber referensi bacaan:

1.     Sifat Dzikir Nabi Shollallohu alaihi wasallam Sesudah Sholat yang wajib/fardhu; Al-Ustadz          Abdul Hakim bin Amir Abdat; Maktabah Mu’awiyah bin Abi Sufyan.
  .      Hishnul Muslim Min Adzkaril Kitab Was Sunnah; Syaikh Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qohthoniy,
2.      Zaadul Ma’ad; Al-Imam Ibnul Qoyyim.
3.      Silsilah Ahadits Ash-Shohihah; Syaikh Nashiruddin Al-Albani; Maktabah Al-Ma’arif Riyadh.
4.      Sifat Sholat Nabi Minat Takbir Ilat Taslim; Syaikh Abdulloh bin Abdurrohman AlJibrin;
5.      Zaadul-Ma’ad Bekal Perjalanan ke Akherat; Edisi terjemah Zaadul Ma’ad; Pustaka Azzam.   
7.      Tuntunan Ibadah Praktis, Ustadz Asep Shalahudin,S.Ag.; Suara Muhammadiyah.
8.     Tuntuna Dzikir & Do’a Menurut Putusan tarjih Muhammadiyah; Majelis Tarjih dan Tajdid PP        Muhammadiyah; Suara Muhammadiyah.
. .      http://sunaryoheri.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tambahkan komentar anda dengan santun