Kamis, 22 Januari 2015

Hal-Hal yang Akan Ditanyakan di Hari Kiamat

Dalam kesempatan yang baik ini. Ada satu hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai renungan bagi kita semua untuk kita amalkan, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan dalam suatu hadits tentang pertanyaan yang Allah akan tanyakan nanti di Padang Mahsyar. Dari Sahabat Abu Barzah, telah berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

لَا تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمُرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ ، وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَ فَعَلَ ، وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَ أَنْفَقَهُ ، وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَ أَبْلَاهُ
“Tidaklah bergeser kedua kaki seorang hamba nanti pada hari kiamat, sehingga Allah akan menanyakan tentang (4 perkara:) (Pertama,) tentang umurnya dihabiskan untuk apa. (Kedua,) tentang ilmunya diamalkan atau tidak. (Ketiga,) Tentang hartanya, dari mana dia peroleh dan ke mana dia habiskan. (Keempat,) tentang tubuhnya, capek / lelahnya untuk apa.” (HR Tirmidzi dan Tirmidzi berkata hasan shahih. Hadits ini juga diriwayatkan oleh Ad-Darimi dan lainnya dan dishahihkan oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tambahkan komentar anda dengan santun